Artikel
Matematika Ceria di SDN Kaliwulu: Belajar Sambil Bermain dengan Papan Jaritmatika dan Papan Perang
Kaliwulu, 26 Juli 2024 – Program "Matematika Ceria: Belajar Sambil Bermain" telah sukses dilaksanakan di SDN 1 dan 2 Kaliwulu. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika melalui metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Kegiatan ini dilaksanakan pada beberapa tanggal, yaitu 15 Juli di SDN 1 untuk kelas 2A, 18 Juli di SDN 1 kelas 2A dan SDN 2 kelas 2B, 22 Juli di SDN 1 kelas 2B, dan 25 Juli di SDN 1 kelas 2B serta SDN 2 kelas 2A.
Deskripsi Kegiatan
Program ini menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti papan jaritmatika dan papan perang. Papan jaritmatika digunakan untuk memperkenalkan konsep membilang dari 1-50, sementara papan perang digunakan untuk latihan penjumlahan dan pengurangan. Kegiatan dimulai dengan pretest untuk mengukur pemahaman awal siswa. Selanjutnya, materi jaritmatika dan penjumlahan serta pengurangan diperkenalkan melalui papan interaktif ini. Setelah materi disampaikan, siswa diberikan posttest untuk mengevaluasi peningkatan pemahaman mereka.
Selain itu, program ini memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang aktif menjawab soal di depan kelas serta siswa dengan nilai tertinggi pada pretest dan posttest. Permen dan stiker diberikan untuk mendorong keberanian siswa maju ke depan kelas.
Tujuan Program
Program ini bertujuan untuk:
- Meningkatkan Minat Siswa: Melalui metode pembelajaran yang menyenangkan, program ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika.
- Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah: Dengan latihan soal yang interaktif, siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah matematika.
- Mendorong Keaktifan Siswa: Memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif di kelas bertujuan untuk mendorong mereka berpartisipasi lebih aktif dalam proses belajar.
Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam program ini meliputi:
- Pembelajaran Sambil Bermain: Menggunakan media papan interaktif, siswa diajak bermain sambil belajar. Papan jaritmatika membantu siswa dalam membilang angka, sedangkan papan perang digunakan untuk latihan soal penjumlahan dan pengurangan.
- Pemberian Hadiah: Siswa yang aktif dan berprestasi dalam kegiatan diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi. Diberikan hadiah berupa permen dan stiker untuk mendorong siswa lebih berani dan percaya diri.
Penutup
Dengan keberhasilan pelaksanaan program "Matematika Ceria: Belajar Sambil Bermain", diharapkan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika dapat meningkat. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagaimana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan dapat memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa. Inisiatif seperti ini sangat penting untuk mendorong siswa dalam mengeksplorasi dan menyukai mata pelajaran yang dianggap sulit oleh banyak orang.