Website Resmi Desa Kaliwulu

Artikel

Lokakarya 1 KKN-TI IPB di Desa Kaliwulu: Pemaparan Program Kerja

22 Juli 2024 14:43:47  Administrator  41 Kali Dibaca  Berita Lokal

Kaliwulu, Cirebon – Mahasiswa IPB University yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata Tematik Inovasi (KKN-TI) menggelar Lokakarya 1 di Balai Desa Kaliwulu, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Lokakarya ini bertujuan untuk memaparkan program kerja yang akan dilaksanakan selama periode KKN.

foto lokakarya

Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Sartono selaku Sekretaris Kecamatan Plered, Ibu Prihatiningsih selaku Kuwu Desa Kaliwulu, perangkat Desa Kaliwulu, bidan desa, tenaga gizi desa, serta para warga Desa Kaliwulu. Adapun beberapa program kerja yang dipaparkan meliputi:

1. Pemetaan Desa Kegiatan

'Pemetaan Desa' di Desa Kaliwulu adalah upaya kolaboratif untuk mengumpulkan, mengelola, dan memanfaatkan data wilayah secara partisipatif oleh masyarakat dan perangkat desa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memetakan secara komprehensif berbagai aspek penting dalam kehidupan masyarakat, seperti potensi ekonomi, pertanian, dan peternakan. Melalui pemetaan ini, diharapkan dapat terjadi peningkatan kualitas informasi untuk pengambilan keputusan yang lebih baik, penguatan identitas lokal, serta peningkatan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya dan layanan publik, sehingga mendorong pembangunan berkelanjutan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan lingkungan.

2. Revitalisasi Website

Website Desa Kaliwulu mengalami masalah hilangnya akses pada dashboard admin selama dua tahun terakhir, sehingga tidak dapat diakses oleh pihak desa. Kondisi ini mengakibatkan informasi yang tersedia tidak terkelola dengan baik dan tidak dapat diupdate secara rutin. Revitalisasi website ini bertujuan untuk mengaktifkan kembali fungsi website sebagai sarana utama informasi dan komunikasi bagi warga dan pihak luar. Melalui pembaruan dan perbaikan ini, diharapkan website dapat menyediakan informasi yang akurat, terkini, dan mudah diakses, yang sangat penting untuk transparansi dan komunikasi yang efektif.

3. Peningkatan Kualitas Kelembagaan UMKM

Program ini bertujuan untuk memberikan legalitas bagi UMKM dengan membantu pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB). Legalitas ini penting untuk meningkatkan kualitas kelembagaan UMKM di Desa Kaliwulu, sehingga mereka dapat beroperasi secara resmi dan mendapatkan akses ke berbagai fasilitas yang disediakan pemerintah. Dengan legalitas yang terjamin, UMKM dapat mendapatkan kepercayaan konsumen dan bersaing di pasar yang lebih luas.

4. Pendampingan Digitalisasi UMKM Menggunakan Value Proposition (Keunikan Produk)

UMKM di Desa Kaliwulu memiliki potensi untuk berkembang lebih jauh dengan memanfaatkan teknologi digital. Program pendampingan ini bertujuan untuk memperkenalkan produk UMKM ke pasar yang lebih luas melalui digitalisasi, membantu UMKM mengelola bisnis dengan lebih efisien, dan bersaing lebih baik dengan kompetitor. Selain itu, program ini juga memberikan pengetahuan tentang pentingnya aspek detail seperti watermark dan caption ketika menjual produk/jasa secara online, sehingga dapat mempermudah pembelian dan pemesanan produk UMKM.

5. Peningkatan Kualitas Hidup Melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Pemilahan Sampah di SDN 1, 2, 3 Kaliwulu

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa/i SDN 1, 2, dan 3 Kaliwulu terkait kesehatan dan kebersihan melalui penyuluhan dan praktik PHBS serta pemilahan sampah. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) memberdayakan individu, keluarga, dan masyarakat agar dapat menerapkan perilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari, sementara pemilahan sampah bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan sampah.

6. Matematika Ceria: Belajar Sambil Bermain

Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika melalui metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Dengan menggabungkan permainan edukatif dan aktivitas kreatif, program ini mengajak siswa merasakan bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan. Program ini juga bertujuan untuk mengurangi ketakutan dan kebosanan siswa terhadap matematika, serta mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis.

7. TANGGUH: Tablet Anti Anemia untuk Generasi Unggul dan Hebat

Program ini merupakan edukasi mengenai pentingnya mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) untuk remaja putri agar terhindar dari anemia dan mencegah risiko terjadinya Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) yang dapat berujung pada stunting. Program ini mencakup edukasi serta pemberian kalender tablet tambah darah sebagai pengingat dan bahan monitoring untuk mengonsumsi TTD secara rutin, dengan harapan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup generasi muda.

8. SEHATI: Semangat Hadirkan Asupan Terbaik dan Ideal Program "SEHATI" adalah upaya memberikan edukasi kepada ibu balita, ibu hamil, dan remaja mengenai MP-ASI, pencegahan BBLR dan stunting. Melalui media booklet resep dan kandungan gizi MP-ASI, leaflet, dan poster, serta pembagian PMT kepada ibu hamil, program ini bertujuan meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang cara pencegahan BBLR dan stunting, meningkatkan pemahaman ibu terkait pemberian MPASI yang tepat.

Dengan dilaksanakannya Lokakarya 1 ini, diharapkan seluruh program kerja yang direncanakan dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Desa Kaliwulu.

Tentang KKN-TI IPB

KKN-TI IPB adalah program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa IPB University sebagai bagian dari kurikulum wajib. Program ini bertujuan memberikan pengalaman belajar langsung di masyarakat, membantu memecahkan masalah lokal, serta mendukung pembangunan berkelanjutan di desa-desa yang menjadi lokasi KKN.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Arsip Artikel

26 Agustus 2016 | 1.312 Kali
Sejarah Desa Kaliwulu
26 Agustus 2016 | 371 Kali
Wilayah Desa
23 Februari 2021 | 326 Kali
DAFTAR PENERIMA KIS DESA KALIWULU 2021 (TAMBAHAN)
23 Februari 2021 | 301 Kali
DAFTAR PENERIMA KIS DESA KALIWULU 2021
11 Januari 2021 | 267 Kali
HIMBAUAN PSBB JAWA - BALI 11-25 JANUARI 2021
09 Januari 2021 | 261 Kali
MUSIM TANAM SAWAH DESA KALIWULU
15 Juli 2022 | 177 Kali
PENETAPAN DAN PENEGASAN BATAS DESA DI DESA KALIWULU

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Kinataguna Blok Desa kaliwulu
Desa : Kaliwulu
Kecamatan : Plered
Kabupaten : Cirebon
Kodepos : 45158
Telepon :
Email : desakaliwlu189@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:30
    Kemarin:65
    Total Pengunjung:26.904
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.118.1.33
    Browser:Mozilla 5.0